LPPM Saburai Mengadakan PKM di Jati Agung

Kencana Media, Lampung Selatan –
Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Aula Kantor Desa Karang Anyar Kecamatan Jati Agung – Kebupaten Lampung Selatan pada hari Kamis, 27 Maret 2024 dengan tema “Pemanfaatan Kolam Retensi Skala Rumah Tangga Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga Untuk Pencegahan Stunting”.

Tim Kajian PKM dari Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai didampingi langsung oleh Bapak Ir. Anwar, S.T., M.T. selaku Wakil Rektor 2 yang sekaligus sebagai anggota Tim Kajian. Dari jajaran LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai diwakili oleh Ibu Ir. Yunita Mauliana, S.T., M.T sebagai Sekretaris LPPM sekaligus sebagai anggota Tim Kajian.

Dari Unsur Kecamatan Jati Agung dihadiri oleh Bapak Ari Darmawan, S.E sebagai Kasi Ekonomi Pembangunan yang mewakili Bapak Camat yang berhalangan hadir,  dari unsur Desa Jatimulyo adalah Bapak Anton selaku Sekretaris Desa, sedangkan dari Desa Karang Anyar dihadiri langsung oleh bapak SUmanto selaku Kepala Des.
Pada saat berlangsungnya acara turut mendampingi Bapak Wawan Hermanto selaku Sekretaris Desa Karang Anyar.

Dalam kegiatan PKM tersebut dilakukan pemaparan materi kajian yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Lilik Ariyanto, S.T., M.T., I.P.M., ASEAN Eng. Selaku Ketua Tim Kajian dan Kegiatan PKM yang dalam pemaparannya didampingi oleh beberapa anggota Tim Kajian yaitu Ibu Ir. Mirnanda Cambodia, S.T., M.T., Bapak Reza Pahlepi, S.E., M.M., CHRBP., CPDM., CPM., Bapak Ferdyan Yuliano, S.E serta Ibu Nurmawati, S.E.

Dari unsur peserta yang hadir adalah Petugas Puskesmas beserta Bidan Desa, unsur Karang Taruna, Tokoh dan Kader Penggerak serta perwakilan Kepala Keluarga yang anaknya berpotensi kategori stunting.

Dalam kesempatan tanya jawab, ada beberapa hal yang disampaikan oleh perwakilan peserta diantaranya terkait bagaimana sistem dan sumber Pendanaan dari program Kolam Retensi skala rumah tangga yang akan dilaksanakan, ditanyakan juga oleh peserta lainnya bagaimana upaya tindak lanjut berupa pendampingan yang akan dilakukan kepada keluarga yang akan melaksanakan program agar pencapaian hasil dapat dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan.

Menanggapi beberapa pertanyaan yang disampaikan, Ketua Tim Kajian menjelaskan terkait sumber pembiayaan yang memungkinkan untuk digunakan serta bagaimana program pendampingan ke depan agar program dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan.

Dari unsur Kecamatan juga menambahkan penjelasan terkait sumber Pendanaan dan program-program lain yang selaras dan sejalan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan pencegahan stunting.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berakhir pada pukul 11.45 WIB dan ditutup dengan acara Foto Bersama seluruh peserta dengan Tim Kajian Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dan unsur pimpinan Kecamatan Jati Agung, Desa Karang Anyar dan Desa Jatimulyo.

*Wyd/